News PKB Jombang – Pondok pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang akan menyelenggarakan kegiatan ‘Festival Sastra Religi 2017’ tingkat Jawa Timur pada 12 – 13 Oktober 2017 mendatang. Kegaitan ini dalam rangka menyemarakkan momentum Hari Santri Nasional (HSN).

Dari hasil koordinasi sejumlah peserta dengan panitia, jumlah peserta diperkirakan akan memenuhi halaman pondok pesantren Mambaul Maarif. Ribuan peserta sudah memastikan kehadirannya guna berkompetisi di ajang bergengsi ini.

“Diperkirakan 2 ribu peserta dari pesantren dan Madrasah Diniyah (Madin) se-Jawa Timur akan berkompetisi di kegiatan ini,” kata M. Subaidi Mukhtar, Koordinator Panitia Wilayah Jawa Timur, Senin (11/9/2017).

Wakil Ketua DPRD Jombang ini menjelaskan, dalam festival itu ada dua jenis lomba. Yakni musabaqoh qiroatil kutub dan musabaqoh hifdzin nadhom (imriti dan alfiyah),

“Undangan sudah terdistribusi ke sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur,” jelas Pak Sub, sapaan akrab M. Subaidi Mukhtar.

Dengan diselenggarakannya festival ini, Pak Sub berharap tradisi-tradisi yang ada di pesantren terjaga dengan baik. Disamping itu, potensi dan kemampuan santri dalam hal membaca kitab juga terus meningkat.

Rencananya, pada pembukaan festival ini akan dihadiri Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPW PKB Jawa Timur, Halim Iskandar, Wakil Gubernur Jawa Timur, H Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan beberapa menteri yang saat ini masih dalam proses konfirmasi. (Arif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here