News PKB Jombang -.Masyarakat Desa Karangdagangan Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang menolak tambang galian C. Mereka melakukan demo dan orasi di depan kantor Desa setempat, menuntut agar Kepala Desa segera menutup tambang tersebut, i(20/01/2016).

Penambangan galian C di Dusun Karang Asem, Karang Dagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo dinilai warga sudah meresahkan. Sebelumnya di tambang tersebut pernah merenggut dua nyawa, akibat tambang galian yang dibiarkan tanpa ada reklamasi.

” Galian C di Dusun Karang Asem, Desa Karang Dagangan sudah tidak bisa ditolerir. Pembiaran tambang galian hingga berhektar-hektar lahan, sehingga menyebabkan banyak korban jiwa. Maka dari itu, tambang galian C harus ditutup karena tidak ada manfaat sama sekali bagi warga, malah menimbulkan kematian.” Ujar Sucipto, saat orasi di depan Kantor Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Tambang galian C telah berlangsung sejak 2009 untuk kepentingan pembangunan jalan tol Kertosono – Mojokerto.

Menurut pengakuan para pendemo merak sudah berulangkali kami meminta kepada pihak pemerintah Desa Karang Dagangan untuk tidak memberikan rekomendasi apapun kepada pengusaha tambang yang dinilai ilegal tersebut.

Penolakan Warga sudah dilakukan dengan cara menutup jalan, tetapo Kepala Dusun setempat yang membuka pintu untuk masuknya galian c, saya melihat sendiri. Seharusnya sebagai aparatur pemerintahan melindungi segenap warganya.” Tambang galian di daerah kami harus ditutup dan tidak boleh beroperasi lagi, teriak Sucipto saat berorasi didepan Kantor Balai Desan

Dari pantauan dilokasi, akhirnya beberapa perwakilan warga ditemui pihak Kepala Desa Karang Dagangan. Namun, selang beberapa saat warga keluar kembali dan melakukan aksi lanjutan ke tambang galian berada. Saat dilokasi galian sempat terjadi kericuhan antara warga dengan penjaga pintu lokasi menuju area tambang galian mengakibatkan palang pintu masuk rusak.

Sementara itu, pihak pengusaha tambang galian belum bisa dikonfirmasi terkait unjuk rasa warga yang menuntut, agar tambang galian C di tutup. Dan pihak Polisi setempat berjaga jaga guna mengantisipasi terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here