News PKB Jombang – Sengkarut perdebatan Peraturan Bupati nomor 5/2016 menemui titik terang. DPRD dan eksekutif telah bertemu untuk mengklarifikasi persoalan yang melilit Perbup Dana Desa tersebut.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Fraksi PKB yang duduk di Komisi A DPRD Jombang, Kartiyono, Sabtu (20/8/2016). Katanya, Komisi A telah menggelar pertemuan dengan Asisten I, Inspektorat dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa (BPMPD) pada Kamis, (18/8/2016).

Hasil pertemuan tersebut, Perbub tentang tata cara pengalokasian, penyaluran, penggunaan dan pertanggungjawaban Dana Desa (DD) itu, secara hukum dinyatakan clear.

Kartiyono menyatakan, dalam pertemuan tersebut terungkap, poin-poin yang beberapa waktu belakangan menjadi polemik itu ternyata secara normatif tidak ada masalah. Pedoman yang dijadikan rujukan yaitu PP 60/2014 dan PP 22/2015.

“Pada pasal 20 memang mengamanati Bupati untuk membuat pedoman teknis penggunaan dana desa, tanpa ada ketentuan khusus soal boleh tidaknya mencantumkan nominal anggaran pada poin-poin tertentu,” ungkap Kartiyono.

Latar belakang munculnya besaran anggaran pada poin-poin tertentu juga terungkap dalam kesempatan tersebut. Besaran angka yang disebutkan pada Pasal 9 ayat (1) poin B dalam Perbup 5/2016 itu, telah melalui proses komunikasi dan kuesioner.

Mendapati kenyataan seperti itu, lanjut Kartiyono, Komisi A merekomendasikan kepada pihak eksekutif agar Perbup untuk Dana Desa tahun depan bisa lebih rasional dan aspiratif.

“Saya kira cukuplah seumpama diberi bottom margin dan top margin saja, Masing-masing poin sedikit-sedikitnya berapa, paling banyaknya berapa,” pungkas Kartiyono.

Sebelumnya diberitakan Perbub nomor 5/2016 dan nomor 12/2016 disorot banyak pihak dan menjadi polemik. Gara-garanya, pada Pasal 9 ayat (1) poin B dalam Perbup 5/2016 Bupati mencantumkan besaran uang yang dianggarkan. Kaum Nahdhiyin Peduli Desa (KNPeDe) merespon dengan menggelar diskusi publik pada Rabu malam (10/8/2016) dan sempat berunjukrasa ke kantor DPRD pada Selasa (16/8/2016).(ans/slh)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here