Oleh: Dr Muhyiddin Zainul Arifin, MM*

Allah berfirman :
“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar”. (QS Al Ahzab 70).

Makna yang sepadan adalah integritas, kebenaran, kelurusan hati, kepolosan, keterbukaan, keterusterangan, ketulusan, kredibilitas, dan validitas.

Imam Al-Ghozali berkata bahwa kejujuran digunakan dalam perkataan, niat, visi, menepati janji dan perbuatan.

Nabi Muhammad sendiri sebelum diangkat jadi Rasul mendapat gelar “al-amin” yang berarti orang yang dapat dipercaya.

Abu Sulaiman Al-Darani, seorang ulama sufi, berpendapat bahwa orang jujur yaitu orang yang senantiasa menyesuaikan apa yang diucapkan dengan apa yang ada dalam hatinya.

Ali bin Abi Tholib pernah berpesan pada putranya, Hasan yaitu tinggalkanlah hal yang meragukanmu, dan berpalinglah pada hal yang tidak meragukanmu sama sekali.

Alkisah :
Penggambala kambing dipinggir hutan ingin menghibur dirinya dengan membuat lelucon. Dia berteriak “serigala…serigala…serigala”, maka orang-orang kampung berlarian ingin membantu anak kecil itu. Tapi yang terjadi anak itu tertawa terbahak-bahak karena dia pikir itu lucu.
Orang-orang marah karena merasa ditipu. Pada lain waktu saat ada serigala yang akan makan ternaknya, anak kecil ini juga berteriak-teriak lagi, tapi tidak ada satupun warga datang menolong. Masyarakat pikir “wah anak kecil ini mau menipu kita lagi”.

Santri diajarkan berperilaku jujur pada diri sendiri. Mereka berperilaku apa adanya, tidak neko-neko, hidupnya penuh kesederhanaan, tidak mengenal gengsi dan tidak berhias berlebihan.

Santri juga harus taat aturan, bila melanggar tata tertib harus dihukum dengan tidak melihat siapa bapaknya. Apa anak jenderal, menteri, bupati, konglomerat atau abang becak. Pelanggar harus tetap dihukum.
“katakan yang hak walau pahit dirasakan”, ajaran ini terus dipegang di pesantren.

Semoga kita terjaga dari perilaku jujur pada diri sendiri dan orang lain. Aamiin.

 

*Pondok Pesantren Al-Fatih Bahrul Ulum, Tambakberas Jombang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here