News PKB Jombang – Menjalang musim tanam tahun 2018 mendatang, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jombang, Jawa Timur mengimbau dinas terkait dapat mendistribusikan pupuk secara merata dan tepat sasaran.

“Karenanya pendataan areal yang ditindaklanjuti dengan DURK (Daftar Usulan Rencana Kebutuhan) kelompok dari semua jenis tanaman sangat dibutuhkan,” kata Muhaimin, anggota F-PKB Jombang, Rabu (1/11/2017).

Disamping itu, Muhaimin juga berharap dinas terkait dapat mengantisipasi kelangkaan pupuk jauh hari sebelum musim tanam tiba. Sehingga pada saatnya, paparnya, para petani di Jombang khususnya dapat memanfaatkan pupuk tersebut dengan maksimal.

“Sukses menanam, sukses swasembada pangan itulah harapan kita bersama. Menjelang musim tanam 2018 tentu harus ada beberapa hal yang memang harus kita lakukan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan harapan di atas, anggota Komisi A DPRD Jombang ini mengungkapkan harus ada sinergitas antara dinas dan sejumlah organisasi petani. “Oleh karenanya kami berharap ada sebuah senergi dinas terkait, baik Dinas Pertanian, Perkebunan dan organisasi petani yang ada, misal Poktan dan Gapoktan,” tuturnya.

Manfaat dari sinergi antar elemen itu, imbuh Muhaimim, dinas terkait dapat mengukur dengan tepat terkait kuota pupuk yang memang dibutuhkan para petani. Ukuran tersebut dengan mengacu pada data kebutuhan pupuk yang digali oleh dinas dan organisasi petani yang ada. Sehingga Pendistribusian pupuk tepat sasaran dan tidak akan sia-sia, alas tidak mubazir.

“Ini semua bisa dihasilkan data yang kongkrit tidak asal-asalan, sehingga realisasi pendistribusian pupuk sesuai jumlah luas areal dan kelangkaan bisa kita hindari,” pungkasnya. (sul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here