News PKB Jombang – Komisi A DPRD Jombang, Jawa Timur melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Kunjungan wakil rakyat ini untuk menggali referensi terkait pelaksanaan dana desa (DD), Selasa (12/12/2017).

Salah seorang anggota Komisi A DPRD Jombang, Kartiyono mengatakan, pelaksanaan DD di Kendal cukup bagus untuk dijadikan rujukan di Jombang. Sebab ada fase perencanaan yang lebih matang. Kemudian dalam realisasinya juga benar-benar berpedoman pada dokumen perencanaan hasil Musdes.

Disamping itu ada fokus prioritas dalam penggunaannya pada infrastruktur jalan. “Alhasil saat ini infrastruktur jalan milik desa di Kabupaten Kendal relatif lebih bagus dari pada jalan milik daerah,” ujarnya.

Fase demi fase dan prioritas yang dirumuskan oleh pemerintah desa di Kendal juga terlaksana dengan baik. “Baru memasuki tahun keempat ini memprioritaskan pada sektor pemberdayaan, karena infrastrukturnya sudah bagus semua, dengan demikian geliat ekonomi diharapkan akan lebih hidup,” kata Ketua FPKB Jombang ini.

Oleh karenanya, Kartiyono berharap, pelaksanaan DD di Jombang dapat merujuk pada pelaksanaan DD sebagaimana yang telah diterapkan di Kendal.

“Ini yang diharapkan juga akan bisa dilakukan di Jombang nantinya, agar semangat desa membangun bangsa yang dikonsep Kementerian Desa benar-benar bisa diwujudkan di Jombang,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here