News PKB Jombang – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Jombang, Jawa Timur, Kartiyono sasar kalangan pelajar dalam menyamabut Hari Santri Nasional (HSN) 2017. Bersama para pelajar yang tergabung dalam IPNU-IPPNU Kecamatan Kabuh, Kartiyono gelar kegiatan Lailatus Sholawat, kemudian dilanjutkan nonton bareng film ​Sang Kiai​, Sabtu (21/10/2017) malam di kantor MWCNU Kabuh.

“Ada banyak cara untuk merefleksi Hari Santri Nasional ini. Namun pada prinsipnya, sejarah terkait dideklarasikannya HSN harus tertanam betul oleh bangsa ini,” katanya.

Film ​Sang Kiai​ menurutnya merupakan salah satu media untuk membantu memahami sejarah perjuangan santri menuju kemerdekaan Republik Indonesia. Pada film itu juga, lanjut dia, menunjukkan semangat perjuangan serta ideologi kebangsaan yang dimiliki santri telah mengakar di jiwa setiap santri.

Untuk itu, ia meminta kepada sejumlah pelajar yang hadir saat itu untuk memperhatikan dengan baik hingga rampung. “Mari kita nonton film ini dengan khidmat agar kita tahu sejarah perjalanan bangsa ini menuju kemerdekaan,” ujarnya.

Ketua F-PKB Jombang, Kartiyono bersama pelajar dan Pengurus MWCNU Kabuh

Lebih dari itu, anggota Komisi A DPRD Jombang ini berharap semangat juang tanpa mengenal takut yang ditunjukkan para santri dalam film tersebut dapat diteladani para pelajar dalam mengisi kemerdekaan saat ini. “Begitu besar peran ulama dan santri dalam perjuanganya mengantarkan bangsa ini menuju kemerdekaan,” papar dia.

Untuk itu, ia menyebutnya salah satu unsur terpenting dalam menjaga dan mengawal keutuhan NKRI adalah para ulama dan santri. “Dan ini pula yang harus dan fardlu ain dilakukan Pelajar (santri) sekarang dalam menjaga Pancasila, UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI,” pungkasnya.

Suasana para pelajar NU Kabuh saat nonton film Sang Kiai

Hadir pada kesempatan ini, selain dari kalangan pelajar NU, juga tampak beberapa Pengurus MWCNU dan badan otonom (Banom) NU Kecamatan Kabuh. (fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here