News PKB Jombang – Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, memastikan dalam waktu dekat lagu “Ya Lal Wathan” karya KH Abdul Wahab Chasbullah akan dijadikan lagu perjuangan nasional.
“Saat ini aransemen dan tone-nya sedang disiapkan oleh tim di Direktur Kepahlawanan. Hanya menunggu persetujuan dari keluarga Kyai Wahab Chasbullah,” kata Ketua Umum PP Muslimat NU ini pada acara Haul KH Wahab Chasbullah ke-45 di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Sabtu malam (13/8/2016).

Menurut Khofifah, lagu-lagu perjuangan nasional sejak lama tidak ada perubahan. Ketika lagu itu diperdengarkan kepada tim yang bertugas menggodok lagu-lagu perjuangan nasional, ternyata layak untuk dijadikan lagu nasional.

Khofifah berjanji bila disetujui oleh pihak keluarga, maka ”Ya Lal Wathan”  otomatis menjadi lagu perjuangan nasional bersama lima lagu kepahlawanan lainnya yang sedang disiapkan oleh kementeriannya. 

“Insyaallah pada peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini, lagu yang sangat luar biasa dalam  menggelorakan cinta tanah air ini sudah dikukuhkan menjadi lagu perjuangan nasional,” imbuhnya.

Namun demikian, lanjut Menteri Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Gus Dur ini, pihaknya harus merevisi beberapa lirik yang ada pada lagu “Ya Lal Wathan”. Sebagian yang semula berbahasa Arab, akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia

“Kalau tetap berbahasa arab, kami khawatir lagu ini dikira lagunya ISIS. Itu kan bahaya,” canda Khofifah ditingkahi gelak tawa hadirin.(ans/slh)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here