News PKB Jombang – Guna mewujudkan tata kelola keuangan desa yang transparan dan akuntabel di lingkungan Jombang, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD setempat memandang perlu untuk segera menerapkan tahap kompilasi Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) di tingkat pemerintah daerah (Pemda).

“Untuk Jombang penerapan aplikasi Siskeudes ini memang sudah dilakukan, namun kompilasi di tingkat Pemda masih belum,” kata Ketua F-PKB Jombang, Kartiyono, Selasa (3/10/2017).

Dalam menerapkan aplikasi Siskeudes itu, paparnya, setidaknya empat tahap yang harus ditempuh. Yaitu tahap penyusunan APBDES, tahap penatausahaan, tahap penyusunan pelaporan dan tahap kompilasi di tingkat Pemda.

Anggota Komisi A DPRD Jombang ini menjelaskan, ada banyak asas manfaat dalam penerapan aplikasi tersebut. Selain akan memudahkan kontrol dan pengawasan penggunaan dana desa, juga dapat meminimalisir penyimpangan-penyimpangan penggunaan dana tersebut.

“Sistem itu langsung bisa dibaca oleh pengendali di pusat, baik Kemendagri maupun Kemendes. Apakah implementasi DD itu sudah sesuai dengan tujuan pokoknya atau belum, sekaligus itu merupakan langkah antisipasi penyimpangan,” jelas Kartiyono.

Ia menambahkan, dorongan agar kabupaten atau kota dapat memaksimalkan aplikasi tersebut merujuk pada surat Dirjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri nomor 143/8350/BPD Tertanggal 27 November 2015, tentang sistem pengelolaan keuangan desa yang ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota se-Indonesia.

“Ini kemudian ditindak lanjuti oleh gubernur Jawa Timur dengan surat yang ditujukan kepada bupati/walikota se-Jatim bernomor 140/16494/011/2017,” ujar Kartiyono mengurai.

Dari data yang ia peroleh, kabupaten atau kota di Jawa Timur yang sudah menerapkan aplikasi Siskeudes pada tahap kompilasi di tingkat Pemda masih sangat minim, yakni hanya di Kabupaten Malang dan Kabupaten Ponorogo.

“Untuk itu diharapkan Jombang segera mulai melakasankan tahapan yang keempat itu, kalau bisa dilakukan lebih cepat kan lebih bagus,” tuturnya. (Rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here