News PKB Jombang – Fraksi PKB DPRD Jombang mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan pengawasan terhadap realisasi Peraturan Daerah (Perda) inisiatif dari DPRD setempat tentang penguatan usaha mikro kecil dan ekonomi kreatif.

Ini diperlukan sebab realisasi Perda tersebut akan berkonsekuensi terhadap penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Jombang. “Perda ini nantinya diharapakan bisa menjadi payung hukum bagi Pemkab dalam melakukan pendampingan karena akan berkonsekwensi penggunaan APBD,” kata Ketua F-PKB DPRD Jombang, Kartiyono, Senin (18/9/2017).

Saat ini, kata Kartiyono, Perda tersebut sudah menjadi pembicaraan Gubernur Jawa Timur untuk dilakukan proses penyempurnaan. “Dalam waktu dekat akan segera diparipurnakan untuk disahkan dan diundangkan,” imbuh Kartiyono.

Ditambahkan, campur tangan Pemkab terhadap penerapan Perda tersebut dibutuhkan, lebih-lebih saat ini desa mendapatkan suplemen dana yang ditransfer dari pemerintah pusat yang sangat fantastis, dan salah satu pemanfaatan dana desa itu adalah untuk program pemberdayaan masyarakat.

Dengan demikian, semangat Perda ini untuk mendorong pengembangan dan penguatan potensi usaha kecil dan ekonomi warga Jombang, benar-benar bisa berjalan dengan baik dan menjadi pilar kekuatan ekonomi masyarakat Jombang.

“Kita tahu Jombang punya banyak potensi sumber daya alam yang kalau ditangani secara kreatif dan inovatif akan punya potensi nilai ekonomi yang akan mendorong tumbuhkembangnya usaha mikro kecil di Jombang,” tukasnya. (rif)

[responsivevoice_button]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here