News PKB Jombang – DPRD Jombang, Jawa Timur meminta Dinas Sosial (Dinsos) setempat untuk megevaluasi penyaluran bantuan beras sejahtera (Rastra) yang dikelola. Ini lantaran, wakil rakyat tak jarang menemui beras yang disalurkan kepada warga kurang mampu itu kurang berkualitas. Bahkan dapat dikatakan tak layak konsumsi.

“Saya berharap kepada dinas terkait untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh, baik kualitas beras sampai pada data penerima program yang dimaksud,” kata Muhaimin, anggota F-PKB Jombang, Senin (30/10/2017).

Kondisi itu menurutnya, sudah tak sesuai dengan tujuaan utama bantuan Rastra sebagai salah satu upaya untuk kesejahteraan warga yang kurang mampu.

Padahal, lanjut pria yang saat ini duduk di kursi dewan ini, warga kurang mampu atau fakir miskin dan anak telantar sesusi amanat UUD 1945 harus mendapat akses bantuan yang baik melalui program-program pemerintah.

“Amanat UUD 1945 pasal 34 ayat 1 fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara, yang banyak ditindak lanjuti dengan berbagai program pengentasan kemiskinan,” jelas Muhaimin.

Salah satu program pemerintah yang nampak saat ini, papar Muhaimin, adalah bantuan Rastra tersebut. “Salah satunya bantuan Rastra yang diterimakan bagi warga yang kurang mampu,” imbuh dia.

Namun demikian, ia mengaku kualitas beras yang diterima warga memprihatinkan. “Akan tetapi beras yang dibantukan tersebut banyak ditemukan di lapangan beras yang kurang layak kosumsi,” bebernya. (sul)

BAGIKAN
Berita sebelumyaMutiara Hati (3) Kejujuran
Berita berikutnyaMutiara Hati (4), Rendah Hati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here