News PKB Jombang – Wakil Ketua DPRD Jombang, M Subaidi Mukhtar nonton bareng (nobar) film Sang Kiai bersama ratusan santri di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Ribath Al-Ghazali Tambakberas, Jombang, Minggu (22/10/2017) malam.

Kegiatan nobar yang dipusatkan di lingkungan pesantren Bahrul Ulum ini masih dalam rangkaian memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2017.

Wakil Ketua DPRD Jombang M Subaidi Mukhtar (tengah) saat nonton bareng film Sang Kiai

Pria yang kerab disapa Pak Sub ini mengungkapkan, para santri patut bersyukur dengan ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai HSN oleh pemerintah. Ini artinya, jelasnya, sejarah perjuangan para kiai dan santri dalam mengawal keutuhan NKRI diakui oleh Negara Indonesia khususnya.

“Kita patut bersyukur bahwa perjuangan santri sekarang diakui oleh negara dengan ditetapkan 22 oktober sebagai Hari Santri Nasional. Ada spirit perjuangan kiai dan santri yang harus kita ingat saat melawan penjajah,” ujarnya.

Lebih jauh politisi PKB Jombang ini mengurai, pada film Sang Kiai banyak pelajaran penting yang bisa diambil oleh santri. Selain semangat perjuangan mempertahankan keutuhan NKRI, juga sikap ketawadhuan para santri pada kiai. Disisi lain, lanjutnya, sikap keberanian santri dalam melawan para penjajah saat itu juga harus menjadi teladan untuk santri saat ini.

Suasana para santri Pesantren Tambakberas saat nonton bareng film Sang Kiai

“Film Sang Kiai ini memiliki spirit yang luar biasa, dan harus ditanamkan kepada santri. Diantaranya adalah semangat ruhul jihad melawan ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi Negara Indonesia,” jelas mantan aktivis PMII ini.

Pantauan di lokasi, ratusan santri yang hadir pada kesempatan tersebut tampak antusias menyaksikan film Sang Kiai hingga usai. (fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here