Antisipasi Penyalahgunaan DD, SDM Lembaga Desa Perlu Ditingkatkan

0
96

News PKB Jombang – Sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan dana desa (DD), Fraksi PKB Jombang memandang perlu untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) setiap lembaga desa di masing-masing desa.

Ini lantaran disinyalir, selama ini pemahaman mayoritas lembaga desa terhadap peran dan tupoksi strategis mereka masih sangat minim. Kondisi tersebut berpotensi menjadi pemicu penyalahgunaan DD.

“Kita ngomong Jombang, lebih dari 70% pimpinan dan anggota BPD yang kurang menyadari posisi atau tupoksi strategis mereka. Ini akan menjadi blunder, tatkala desa menerima transfer DD yang begitu besar tapi pengawasannya sangat minim,” kata Kartiyono, Ketua Fraksi PKB DPRD Jombang, Selasa (19/9/2017).

Untuk itu, anggota Komisi A DPRD Jombang ini mendorong Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat agar menggenjot pelatihan-pelatihan yang bersentuhan langsung dengan pengembangan pemahaman dari setiap lembaga desa.

“Optimalisasi peran lembaga desa ini harus dikuatkan, dengan apa? Ya dengan pelatihan-pelatihan peningkatan SDM mereka,” jelasnya.

Ia menambahkan, tingkat pemahaman dari lembaga desa, papar Kartiyono, akan berkaitan dengan tingkat pengawasan mereka terhadap penggunaan DD itu sendiri. Terlebih peran badan permusyawaratan desa (BPD) menjadi inti dalam pengawasan penggunaan DD di tingkat desa.

Selama ini, lanjut Kartiyono, pengawasan DD yang dilakukan di Jombang masih lebih mengandalkan audit dari inspektorat dan peran verifikator dari setiap kecamatan.

“Pengawasan kita kan cuma mengandalkan audit dari inspektotat, verifikasi dari camat, tidak pada langkah antisipasi, padahal yang perlu dikedepankan adalah langkah antisipasi itu,” bebernya. (sam)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here