News PKB Jombang – Keberadaan sejumlah toko modern seperti halnya Indomart, Alfamart dan sejenisnya di Jombang diduga banyak yang masih tak miliki ijin usaha. Namun tetap melakukan kegiatan usahanya dengan bebas.

Demikian itu disampaikan salah seorang anggota DPRD Jombang, Kartiyono. “Soal Toko Modern Indomart atau Alfamart yang sampai hari ini disinyalir masih banyak yang belum berijin tapi tetap bebas menjalankan kegiatannya,” ujarnya, Selasa (7/11/2017).

Jika dugaan tersebut benar adanya, Ketua F-PKB DPRD Jombang ini mengaku prihatin. Pasalnya, sejumlah toko modern tersebut kian menjamur di Kota Santri ini. Bahkan berpotensi akan terus berkembang sebab ia menilai selama ini masih belum ada tindakan tegas dari pihak yang berwenang.

“Ini menjadi keprihatinan kita bersama, dalam hal ini kalangan DPRD minta kepada dinas terkait untuk segera melakukan identifikasi sekaligus melakukan tindakan tegas,” pinta Kartiyono.

Pria yang juga anggota Komisi A DPRD Jombang ini menegaskan, dalam hal ini, dinas terkait serta satpol PP harus tegas dalam menegakkan peraturan perundang-undangan yang telah mengaturnya. Sikap acuh, kata dia, merupakan bagian dari sikap yang cenderung melemahkan wibawa pemerintah.

“Hal ini penting dilakukan untuk menjaga wibawa pemerintah dan juga dalam rangka penegakan peraturan perundangan,” kata Mas Yon sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, langkah tegas dari pihak yang berwenang itu juga sebagai upaya untuk memberikan kesempatan yang cukup luas bagi para pedagang kecil dalam mengembangkan usahanya. “Disamping itu tentunya dalam rangka melindungi pedagang kecil yang semakin terdesak,” tambahnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here