News PKB Jombang – Festival Sastra Religi (FSR) yang digelar Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang, Jawa Timur berlangsung sejak hari ini, Kamis hingga Jumat (12-13/10/2017) di pesantren setempat.

Sesuai data yang diterima panitia FSR, jumlah peserta FSR tahun 2017 ini sebanyak 1384 santri dari 357 pesantren se-Jawa Timur. “Total peserta sebanyak 1.384 santri, dari santri putra 790 dan putri 594 dari 357 pondok pesantren se-Jawa Timur,” kata Koordinator Panitia Wilayah Jawa Timur, M. Subaidi Mukhtar.

Ia menjelaskan, dalam FSR ini ada tiga kategori (marhalah), yakni marhalah ula, marhalah wustho dan marhalah ulya. Sementara jenis yang dilombakan adalah Qiroatul Kutub dan Hifdin Nadham.

“Beberapa kitab yang harus dibaca dan nadham yang dihafalkan peserta diantaranya Aqidatul Awam, Fathul Qorib, Ihya Ulumuddin, Imriti, Alfiyah dan Tafsir Jalalain,” imbuh Wakil Ketua DPRD Jombang ini.

Pantauan di lokasi, sejumlah peserta tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan FSR ini mulai dari pembukaan hingga pada persiapan perlombaan.

Hadir dalam kesempatan ini, perwakilan PBNU diwakili sekretarisnya, Helmi Faisal, Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, beberapa sesepuh Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang dan sejumlah tamu undangan yang lain. (fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here